Selasa, 14 Juni 2016

Proposal Bisnis Plane Analis Kesehatan



BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
            Seiring perkembangan jaman, masyarakat semakin memiliki mobilitas tinggi dengan tingkat kebutuhan kesehatan yang juga bertambah. Masyarakat cenderung memilih sesuatu yang mudah dijangkau, praktis, dan membutuhkan waktu yang singkat termasuk dalam hal kesehatan. Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat kami hadir memberikan jasa pelayanan kesehatan.
            Berbeda dengan Rumah sakit maupun klinik pada umumnya dimana pasien harus mendatangi tempat tersebut untuk melakukan pemriksaan, kami menciptakan pelayanan dengan jalan mendatangi masyarakat secara langsung, memudahkan masyarakat untuk melakukan cek kesehatan sesuai dengan yang mereka butuhkan.
            Jasa pelayanan yang kami dirikan dinamai MEDICLING (Medical Check Keliling) adalah suatu usaha yang dilaksanakan guna memudahkan masyarakat dalam melakukan  konsultasi kesehatan dan cek kesehatan. Pemeriksaan ini dilakukan di suatu tempat insidental dengan membuka tenda pemeriksaan yang nyaman, strategis, dan mudah ditemui oleh masyarakat.

1.2  Visi dan Misi
1.2.1  Visi
Menjadi pilihan pertama untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam meningkatkan kesehatan    
1.2.2 Misi
1.      Menyediakan fasilitas dalam memberikan pelayanan kesehatan.
2.      Ikut serta dalam usaha meningkatkan derajat kesejahteraan melalui peningkatan kesehatan. 
3.      Memberikan pelayanan medis dasar yang berbasis Murah Terjangkau
4.      Melakukan evaluasi dengan cara survey kepuasan pelanggan terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan.
1.3  Maksud dan Tujuan
      Maksud dan tujuan Balai MEDICLING adalah :
1. Meningkatkan derajat kesehatan jasmani dan rohani.
2. Meningkatkan kehidupan social ekonomi
4. Memerikan pelayanan kepada masyarakat dalam bidang kesehatan.
5.  Menarik minat masyarakat dalam melukan cek kesehatan dimana ia           berada guna mengetahui derajat kesehatannya saat itu.
6. Menyadarkan masyarakat akan pentingnya kesehatan
7.  Mengasah skill SDM dalam melakukan pelayanan secara professional        dimanapun ia berada.






















 
BAB II
ASPEK USAHA

2.1.      Gambaran Usaha
2.1.1        Sasaran
Sasaran adalah masyarakat yang memiliki mobilitas tinggi terutama yang ingin melakukan konsultasi kesehatan, cek kesehatan dan konsultasi gizi. Target merupakan masyarakat sehat ataupun masyarakat yang mempunyai keluhan dengan kesehatannya. Karena ada penyuluhan tentang kesehatan seningga diharapkan masyarakat sehat maupun yang punya keluhan dengan kesehatannya tertarik untuk melakukan cek kesehatan.
2.1.2        Wilayah Usaha
Usaha didirikan di tempat-tempat ramai seperti taman kota, car free day, dan tempat-tempat yang dijadikan sarana olahraga masyarakat
2.1.3        Segmen Usaha
Jenis-jenis Pemeriksaan :
1.            Konsultasi kesehatan dengan dokter
2.            Cek Berat badan, tinggi badan
3.            tensi darah
4.            Cek golongan darah
5.            Test gula darah
6.            Test kolesterol total
7.            Test asam urat
8.            Test Hb







2.2.      Aspek Pasar Analisis Pasar Dan Pemasaran
3.2.1.      Keunggulan
Pada umumnya masyarakat yang ingin melakukan cek kesehatan harus mendatangi Rumah sakit atau klinik tertentu. Inilah yang membuat masyarakat enggan untuk melakukan cek kesehatan. MEDICLING mampu memberikan pelayan yang mudah dan praktis karena kami yang mendatangi pelanggan. Selain itu hasil pemeriksaan dapat dipertanggung jawabkan sebab ada dokter yang bertindak sebagai validator.
3.2.2.      Promosi
Selain promosi secara langsung dilokasi, akan dilakukan juga melalui :
a.       Personal Selling
Personal selling adalah interaksi antar individu, saling bertemu, muka yang ditujukan untuk menciptakan, memperbaiki, menguasai dan mempertahankan hubungan pertukaran yang saling menguntungkan dengan pihak lain. Kami melakukan personal selling dengan cara pelayanan yang diberikan dokter, Analis kesehatan, Ahli gizi kepada pasien dilakukan semaksimal mungkin dan menggunakan bahasa komunikasi yang santun dan ramah tamah. Selain itu pasien selalu diberi kontrak agar kembali melakukan pemeriksaan.
b.      Brosur
Kami telah membuat brosur yang berisi ajakan pada masyarakat agar melakukan pemeriksaan di MEDICLING. Selain itu kami mncantumkan pelayanan apa saja yang kami adakan.
c.       Media Sosial
Promosi  dan pemasaran pelayanan laboratorium melalui jejaring   media sosial. Laboratorium yang up to date (mahir dan tidak ketinggalan jaman) dengan teknologi kini dan tidak gaptek dapat sharing informasi dan pengalaman dan berkomunikasi dengan  klien atau calon klien menggunakan media sosial misalnya FB, Twitter dsb.



 
3.2.3.      Lokasi
Lokasi didirikannya tenda pemeriksaan sangat insidental dan lokasi dapat berpindah-pindah. Dilakukan ditempat-tempat ramai yang sering dikunjungi masyarakat pada hari weekend seperti tempat yang dekat dengan lokasi car free day, taman kota dan tempat-tempat yang dijadikan sarana olahraga masyarakat.
3.2.4.      Proses Pelayanan
Petugas bekeliling dari satu tempat ketempat lainnya membuka sebuah tenda pemeriksaan.
Terdapat 3 spot : Administrasi, konsultasi kesehatan oleh dokter dan cek kesehatan oleh Analis Kesehatan.
Deskripsi kegiatan :
1.      Pasien melakukan administrasi terlebih dahulu.
2.      Pasien melakukan konsultasi dengan dokter apabila berkenan pasien bisa melakukan cek kesehatan sesuai anjuran dokter.
3.      Pasien bisa juga melakukan cek kesehatan sesuai permintaan mandiri.
4.      Cek berat badan dan tinggi badan
5.      Cek tensi darah
6.      Melakukan test goldar
7.      Hasil pemeriksaan di validasi oleh dokter kemudian dokter menyampaikan hasil cek kesehatan kepada pasien.
3.2.5.      Fasilitas
Tenda yang nyaman, kursi yang memadai, dan kualitas alat dan bahan pemeriksaan yang terjaga.
3.2.6.      Perijinan
Perijinan yang perlu disiapkan sebelum usaha dimulai dan disertai dengan biaya pengurusannya. Usaha kita tidak berbentuk badan hukum maka perijinan tidak kompleks tetapi hanya perlu perijinan dari wilayah sekitarnya seperti surat ijin membuka tenda, surat ijin buka usaha




BAB III
ASPEK ORGANISASI DAN MANAJEMEN


3.1.            Data Perusahaan
Nama bisnis                 :  MEDICLING ( Medical Check Keliling)
Alamat kantor             :  Free lance
Nomor telepon            081553757470
Bidang usaha              :  Unit Kesehatan Masyarakat
Bentuk badan              :  Konsultasi Kesehatan dan Pemeriksaan Kesehatan
Nomor Fax                  :  0274385363
Alamat E-mail             :  medicling_bdg@gmail.com
Situs Web                    :  www.Mediclingbandung.com 
Bank Perusahaan         :  Bank Syari’ah Mandiri 
Mulai berdiri               :  Sejak tahun 2016

3.2.            Biodata Pengelola
Nama                     : dr. Dewi Gina Wati
Jabatan                  : Dokter
Tempat dan Tanggal Lahir : Bandung, 28 Agustus 1994
Alamat Rumah      : Jln Raya Soreang terusan Cipatik no  09 Kab, Bandung
Nomor Telepon     : 08978401811
Alamat E-mail       : dewiginawati@gmail.com
Pendidikan Terakhir  : Sarjana Kedokteran

Nama                     :  Dea Indrawati  AMd. AK
Jabatan                  : Analis Kesehatan
Tempat dan Tanggal Lahir :
Alamat Rumah      : Jln Raya Soreang terusan Cipatik no  09 Kab, Bandung
Nomor Telepon     : 089776554321
Alamat E-mail       : deindrawati@gmail.com
Pendidikan Terakhir  : Diploma III Analis Kesehatan
Nama                     : Asri Kusumaningtyas
Jabatan                  : administrasi
Tempat dan Tanggal Lahir : Kebumen, 29 Maret 1995
Alamat Rumah      : Komp. GBI C1 no. 18  Kab. Bandung
Nomor Telepon     : 08224859708
Alamat E-mail       : maaciimii@gmail.com
Pendidikan Terakhir  : Sarjana Ekonomi

3.3.            Rencana Anggara Gaji Sesuai Profesi

Jabatan
Jumlah
Gaji / pertemuan
Total/bulan
Dokter
1
Rp. 500.000,00
Rp. 4.000.000,00
Analis kesehatan
1
Rp. 250.000,00
Rp. 2.000.000,00
Promosi dan Administrasi
1
Rp. 100.000,00
Rp.    800.000,00
Total Gaji
Rp. 6.800.000,00

3.4.            Biaya Utama
3.4.1        Inventaris alat
No
Inventaris alat
Merk
Jumlah
Harga
Jumlah harga
1
Timbangan Digital     +
Tinggi Badan  Manual
DT 150
1
Rp. 1.450.000,00
Rp. 1.450.000,00
2
Alat Test Hemoglobin+
Kolesterol
Easy Touch GCHB
2
Rp.    380.000,00
Rp.    760.000,00

3
Cool Box Reagen
Omron

2
Rp.    360.000,00
Rp.    720.000,00
4
Tensimeter Lengan
Omron
2
Rp.    550.000,00
Rp.  1.100.000,00
5
Kit Golongan Darah
Biolabo
2
Rp.     350.000,00
Rp.     700.000,00
Total Inventaris Pemeriksaan
Rp.  4.730.000,00

Jenis
Merk
Jumlah
Harga
Total
1
Mobil Usaha
Daihatsu
1
Rp. 150.000.000,00
Rp. 150.000.000,00
2
Tenda
Tendaku
2
Rp.        300.000,00
Rp.        600.000,00
3
Laptop
Toshiba
1
Rp.     5.000.000,00
Rp.     5.000.000,00
4
Modem
Speedy
1
Rp         300.000,00
Rp         300.000,00
5
Tempat sampah
Bebas
2
Rp.          25.000,00
Rp.          50.000,00
6
Kursi
Bebas
10
Rp.          40.000,00
Rp         400.000,00
7
Meja
Bebas
5
Rp.        100.000,00
Rp.        500.000,00
Total inventaris kantor
Rp. 156.850.000,00
3.4.2        Inventaris kebutuhan lain

3.4.3        Perhitungan total biaya utama


  1. Inventaris Alat
Rp.     4.730.000,00
  1. Inventaris lain
Rp. 156.850.000,00  +
Jumlah biaya utama
Rp. 161.580.000,00


3.4  Total Biaya/ Bulan
3.4.1        Biaya operasional umum
No
Keterangan
Unit
Waktu
Harga satuan
Jumlah

1
Bensin
1
bulan
Rp.   25.000,00
 Rp. 500.000 ,00

3
Iuran Keamanan
1
bulan
Rp. 200.000,00 
Rp.   200.000,00

4
Iuran kebersihan
1
bulan
Rp.200.000 ,00
Rp.   200.000,00

  5
Alat tulis kantor


Rp. 100.000,00
Rp.   100.000,00


Jumlah
Rp. 1.000.000,00  







 
3.4.2        Biaya operasional promosi

No
Keterangan
Unit
Harga satuan
Jumlah
1
Biaya pembuatan Brosur
50
Rp. 1.000,00
Rp. 50.000,00
2
Biaya Iklan Website
1
      Rp. 30.000,00
Rp. 30.000,00
Jumlah Total
Rp. 80.000,00

3.4.3        Biaya bahan
No
Bahan
Merk
Jumlah
Harga
Jumlah harga
1
Strip Pemeriksaan Hemoglobin
Easy Touch GCHB
2 box
(isi 50)
Rp. 500.000,00
Rp. 1.000.000,00

2
Strip Gula darah
Easy Touch GCHB
2 box
(isi 50)
Rp. 300.000,00
Rp. 600.000,00
3
Strip Kolesterol
Easy Touch GCHB
2 box
(isi 50)
Rp. 350.000,00
Rp. 700.000,00
4
Strip Pemeriksaan Asam Urat
Easy Touch GCU
2 box (isi 50)
Rp. 450.000,00
Rp. 900.000,00
5
Reagen golongan darah
Biolabo
1 kit
Rp. 350.000,00
Rp. 350.000,00
6
Lancet
Thermo
2 box
Rp. 150.000,00
Rp. 300.000,00
7
Sarung Tangan
Handglove
1 box
Rp.   50.000,00
Rp.   50.000,00
8
Masker
SaveMask
1 box
Rp.   50.000,00
Rp.   50.000,00
Jumlah Total
RP. 4.000.000,00

3.4.4        Total Biaya/ Bulan
Biaya operasional umun
Rp. 1.000.000,00
Biaya operasional promosi
Rp.      80.000,00
Biaya  bahan
Rp. 4.000.000,00
Gaji pengelola /bulan
Rp. 6.800.000,00   +
Total Biaya/ bulan
Rp. 11.880.000,00
3.5.            Income
Bila program yang di rencanakan dapat terlaksana dengan biak, dengan perkiraan pasien minimal sekitar 850 per bulan dengan peningkatan target setiap bulannya . maka income per bulan dengan rincian sebagai berikut :
No.
Pemeriksaan
Harga
Target
Total
1
Konsultasi kesehatan
Rp. 20.000,00
150
Rp. 3.000.000,00
2
Cek BB, tinggi badan
Rp.   5.000,00
100
Rp.    500.000,00
3
Tensi darah
Rp.   5.000,00
100
Rp.    500.000,00
4
Golongan darah
Rp. 10.000,00
100
Rp. 1.000.000,00
5
Test gula darah
Rp. 20.000,00
100
Rp. 2.000.000,00
6
Kolesterol total
Rp. 32.500,00
100
Rp. 3.250.000,00
7
Asam urat
Rp. 22.000,00
100
Rp. 2.200.000,00
8
Test Hb
Rp. 35.000,00
100
Rp. 3.500.000,00
Jumlah Total
Rp. 15.950.000,00

3.2  Sumber pendanaan
Sumber
Pendanaan
Pengelola
(a)
(b)
(c )
1. Modal Pengurus
Rp.70.000.000,-
Rp.60.000.000.000,-
Rp.40.000.000.000,-
Jumlah (a+b+c)
Rp.170.000.000.000,-

3.3  Profit
Perkiraan laba bersih per bulan (profit) dapat dihitung dengan rumus sebagai berikut :      Profit  : ñ  = TR – TC
TR  = total refenyu (Income)
TC  = total Cost (Modal/bulan)
Total Income
Rp. 15.950.000,00
Total Modal/bulan
Rp. 11.880.000,00  _
Profit/bulan
Rp. 4.070.000,00






 
BAB IV
PENUTUP

Analisa Kelayakan Usaha Metode Non-Discounted Cash Flow
            Metode pengukuran investasi dengan melihat kekuatan pengembalian modal tanpa mempertimbangkan nilai waktu terhadap uang (time value of money). Metode yang dipergunakan adalah Pay Back Period (PBP) Method, dengan formula umum sbb:
                                                 Total Modal Utama
Pay Back Period = --------------------------------------- x 1 bulan
                                                     Profit
                                                Rp. 161.580.000,00
                             = ------------------------------------------ x 1 bulan
                                                  Rp. 4.070.000,00                 
                             = 39,7 bulan
Jadi dalam hal ini pengembalian modal seluruhnya bisa dicapai dalam jangka waktu sekitar 39,7 bulan atau sekitar 3 tahun.














Tidak ada komentar:

Posting Komentar